Show simple item record

dc.creatorPutranto, Rudi Hendro
dc.date2010
dc.date.accessioned2018-06-28T12:44:22Z
dc.date.available2018-06-28T12:44:22Z
dc.identifierhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/657/1/63%20BMF%20-%20Investigasi%20Etiologi%20dan%20Karakteristik%20Penyakit-Pe.pdf
dc.identifierPutranto, Rudi Hendro (2010) Investigasi Etiologi Dan Karakteristik Penyakit-Penyakit Yang Berpotensi Menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Bio Medis dan Farmasi.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19405
dc.descriptionMeningkatnya kasus penyakit infeksi baik yang bersifat baru (Emerging Infectious Disease (EID) maupun penyakit-penyakit yang mencuat kembali (Re-Emerging Diseases) dan munculnya penyakit baru (new diseases) memerlukan penanggulangan yang cepat dan tepat. Dalam hal ini Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) cq. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan berperan utama dalam menegakkan diagnosis melalui laboratorium dan meneliti etiologi KLB. Penelitian ini bertujuan untuk penggalian informasi tentang KLB suatu penyakit: etiologi, karakteristik dan faktor-faktor risiko penyebaran penyakit tersebut, agar dapat dilakukan tindakan penanggulangan dan pencegahannya. Penelitian dilakukan pada daerah yang melaporkan KLB selama tahun 2010. Sampel penelitian berasal dari hasil investigasi dan atau kiriman dari daerah yang melaporkan kejadian KLB. Selama tahun 2010 dilaporkan 6 KLB penyakit. KLB Japanese Enchepalitis dilaporkan sebanyak 4 KLB, tetapi hasil konfirmasi laboratorium semua menunjukkan hasil negatif. KLB dengue hanya dilaporkan oleh propinsi Sumatera Utara dimana hasil konfirmasi laboratorium menunjukkan hasil yang sama. KLB hepatitis terjadi di propinsi Riau, hasil laboratorium menunjukkan bahwa KLB tersebut disebabkan oleh virus hepatitis A. KLB campak dilaporkan masih terjadi di Indonesia dengan 37 KLB, sedangkan KLB rubella juga dilaporkan masih cukup tinggi yaitu 25 KLB. KLB chikungunya dilaporkan terjadi sebanyak 71 KLB selama tahun 2010. Penyakit rabies dilaporkan terjadi pada tahun 2010 sebanyak 4 KLB (4 kasus) tetapi setelah dikonfirmasi secara laboratoris hanya 1 KLB saja yang konfirmasi KLB rabies.
dc.formattext
dc.languageen
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Bio Medis dan Farmasi
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/657/
dc.subjectWA 1-106 Reference Works. General Works
dc.titleInvestigasi Etiologi Dan Karakteristik Penyakit-Penyakit Yang Berpotensi Menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB)
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record