Show simple item record

dc.creatorDwi Laksono, Agung
dc.creatorRukmini,
dc.date2010
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:00Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:00Z
dc.identifierDwi Laksono, Agung and Rukmini, (2010) LAPORAN PENELITIAN ANALISIS LANJUT RISKESDAS 2010: PROYEKSI DAN POLA AKSES PELAYANAN KESEHATAN IBU 5 TAHUN TERAKHIR DI INDONESIA. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20658
dc.descriptionlbu adalah salah satu kelompok rentan yang harus mendapat perhatian khusus dan menjadi salah satu prioritas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan selain bayi dan balita. Untuk itu ketersediaan pelayanan kesehatan bagi kaum ibu menjadi penting, terutama pada masa kehamilan, persalinan dan masa nifas. Pentingnya perhatian pada kaum ibu tergambar dari diakuinya AKI sebagai salah satu indikator status kesehatan suatu wilayah selain AKB. Dengan tersedianya beragam data tentang pelayanan kesehatan ibu, maka akan semakin memudahkan pelaksana program dalam mencari tahu kelemahan yang masih harus dibenahi, juga dimungkinkan pelaksanaan program yang sesuai karakteristik tertentu sasaran. Secara umum tujuan dari analisis lanjut ini adalah menggambarkan proyeksi dan pola akses pelayanan kesehatan ibu 5 tahun terakhir di Indonesia. Untuk menggambarkan pola pelayanan kesehatan ibu, akan dilihat trend dan juga distribusi pemanfaatan pelayanan kesehatan ibu secara nasional. Selanjutnya dianalisis distribusi berdasarkan Propinsi. Analisis juga dilakukan berdasarkan karakteristik individu yang meliputi kelompok umur, status pendidikan, status pekerjaan, status sosial ekonomi, juga berdasarkan daerah perkotaan atau perdesaan. Metode proyeksi dilakukan secara sederhana dengan menggunakan rentang frekuensi antar tahun. Rentang terkecil antar tahun digunakan sebagai acuan proyeksi minimal, sedang rentang terbesar untuk acuan proyeksi maksimal. Selain itu juga dilakukan proyeksi berdasarkan mean (rata-rata) untuk melihat proyeksi rata-rata sampai dengan 5 (lima) tahun ke depan. Hasil analisis menunjukkan pada masa kehamilan, tenaga pemeriksa kehamilan masih didominasi oleh tenaga kesehatan, meski dalam 5 tahun terakhir tidak ada peningkatan cakupan yang berarti. Cakupan K4 lengkap meski persentasenya kecil dan stagnan selama 5 tahun terakhir. Untuk ANC lengkap, cakupan kecil dan menunjukkan kecenderungan menurun dalam 5 tahun terakhir. Pada masa persalinan, trend persalinan dengan operasi perut menunjukkan peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Umur kehamilan saat persalinan masih didominasi umur kehamilan normal. Pada masa pasca persalinan, kecenderungan akses ibu pada pemeriksa dari tenaga kesehatan menunjukkan penurunan. Justru yang tidak melakukan pemeriksaan pasca persalinan menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Proyeksi pola akses pelayanan kesehatan ibu 5 tahun ke depan secara angka absolute menunjukkan trend meningkat dari tahun ke tahun pada hampir semua jenis pelayanan. Baik itu proyeksi maksimum maupun proyeksi minimum. Hanya pada proyeksi cakupan K4 pada masa kehamilan saja yang menunjukkan trend menurun pada proyeksi minimum.
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2154/
dc.subjectWA 300-395 Health Problems of Special Population Groups
dc.titleLAPORAN PENELITIAN ANALISIS LANJUT RISKESDAS 2010: PROYEKSI DAN POLA AKSES PELAYANAN KESEHATAN IBU 5 TAHUN TERAKHIR DI INDONESIA
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record