Show simple item record

dc.creatorMusadad, Athena , Herryanto, Miko Hananto, Zahra, Cahyorini, Anwar
dc.date2012
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:04Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:04Z
dc.identifierMusadad, Athena , Herryanto, Miko Hananto, Zahra, Cahyorini, Anwar (2012) DAMPAK MEDAN MAGNET DAN MEDAN LISTRIK DARI JARINGAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) DAN SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KONTROL KEJADIAN LEUKIMIA PADA ANAK). Project Report. Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20684
dc.descriptionJaringan listrik memancarkan radiasi medan magnet (MM) dan medan listrik (ML). Keterpaparan yang lama dan kontinyu dapat mengganggu kesehatan dan merusak beberapa sistem/fungsi tubuh manusia seperti susunan syaraf pusat, fungsi reproduksi, dan fungsi darah. Hasil penelitian epidemiologi di masyarakat di berbagai negara belum menunjukkan efek yang jelas dan konklusif. Untuk itu pada tahun 2006 dilakukan penelitian kasus kontrol kejadian leukemia pada anak dengan tujuan mengetahui dampak MM dan ML terhadap kejadian leukemia pada anak. Sebagai kasus adalah anak usia <=10 tahun penderita leukemia yang datang memeriksakan diri dan menjalani pengobatan di Divisi Hematologi-Onkologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM/FKUI Jakarta, sedangkan sebagai kontrol adalah anak usia <=10 tahun bukan penderita leukemia berdasarkan hasil pemeriksaan Poli Umum Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM/FKUI Jakarta. Kriteria inklusi dari kasus leukemia adalah penderita leukemia yang terdiagnosa dalam kurun waktu 6 tahun terakhir (2000 s/d 2006) dan beralamat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sedangkan kriteria eksklusi adalah penderita down syndrome. Jumlah kasus sebesar 130 anak dan kontrol sebesar 243 anak (1:2) dan dilakukan matching kelompok menurut umur anak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan dan pengukuran pajanan MM dan ML di rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan kuat MM dan ML di rumah tangga, baik pada kasus maupun pada kontrol masih di bawah batas yang direkomendasikan IRPA/WHO. MM tidak berpengaruh terhadap kejadian leukemia pada anak, sedangkan ML berpengaruh terhadap kejadian leukemia pada anak. Faktor lain yang berpengaruh terhadap kejadian leukemia pada anak adalah besar daya listrik rumah dan rata-rata lama kontak anak dengan televisi.
dc.publisherPuslitbang Ekologi dan Status Kesehatan
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2180/
dc.subjectWS 200-342 Diseases of Children and Adolescents
dc.titleDAMPAK MEDAN MAGNET DAN MEDAN LISTRIK DARI JARINGAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) DAN SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KONTROL KEJADIAN LEUKIMIA PADA ANAK)
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record