Show simple item record

dc.creatorWasito, Bambang
dc.creatorMade, Tjipto
dc.creatorBudisuari, Asri
dc.creatorSopacua, Evie
dc.date2006
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:10Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:10Z
dc.identifierWasito, Bambang and Made, Tjipto and Budisuari, Asri and Sopacua, Evie (2006) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UPAYA PENINGKATAN AKSES TERHADAP INFORMASI DAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA BERKUALITAS DALAM RANGKA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN lBU DAN BAYI. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20722
dc.descriptionPenelitian ini mempunyai tujuan (1) Mengkaji perubahan struktur organisasi dan kegiatan BKKBN tingkat kabupaten dalam era desentralisasi (2) Mengkaji informasi keluarga berencana (KB) yang diterima oleh Pasangan Usia Subur (PUS)(3) Mengkaji pemberian informasi oleh provider melalui pelayanan KB yang berkualitas di puskesmas dan RSUD (4) Mengembangkan pola peningkatan akses informasi yang berkaitan dengan 4 terlalu, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) berkualitas yang berdampak pada percepatan penurunan AKI dan AKB. Penelitian ini adalah penelitian Terapan Analisa data secara diskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di tiga provinsi, yaitu Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Malang), Provinsi Kalimantan Tengah (Kabupaten Kuala Kapuas dan Kota Palangkaraya), Provinsi Bali (Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Buleleng). Subyek penelitian adalah Stakeholder Kesehatan pada level provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, BKKBD level provinsi dan kabupaten/kota, Pasangan Usia Subur (PUS). Data dikumpulkan dengan teknik kuisioner (angket), wawancara, diskusi kelompok terarah, dan pengamatan data sekunder. Hasil penelitian di ketiga provinsi menunjukan bahwa ( I) Struktur organisasi BKKBN Kabupaten/Kota era desentralisasi sebagian besar bergabung dalam Badan Dukcapil dan PLKB di puskesmas berkantor di kecamatan dengan tupoksi KIE tentang KB ke masyarakat tetapi status kurang jelas, (2) Penerimaan informasi KB oleh peserta KB dari lain-lain lebih besar dari petugas kesehatan perlu diperhatikan, (3) Pelayanan informasi KB berkualitas oleh bidan, rata-rata cukup tetapi khususnya tentang informed Choice dan penapisan klien untuk kelaikan medik masih kurang. Pemahaman alkon dan jenisnya berkaitan dengan indikasi, kontra indikasi, manfaat dan efek samping/keterbatasan masing-masing jenis juga masih kurang pada sebagian besar responden terutama di Provinsi Kalimantan Tengah, (4) Pola peningkatan akses informasi tentang Keluarga Berencana (KB) berkualitas yang berdampak pada percepatan penurunan AKI dan AKB diperlukan dengan pelatihan intensif kepada bidan dalam bentuk kalakarya atau pendampingan. Dalam penelitian ini telah direkomendasikan: 1. Perlu peningkatan pengetahuan tentang Informed Choice, penapisan klien dan Inform consent kepada pelaksana pelayanan KB di puskesmas dan rs sehingga dapat memberikan informasi dan pelayanan KB yang berkualitas. 2. Perlunya dilakukan pelatihan yang berkesinambungan cara memberi informasi yang baik dan pelayanan yang berkualitas dengan menggunakan lembar balik, secara nasional. 3. Sebaiknya pengadaan alkon, pelayanan KB dan pelaporannya dilaksanakan melalui satu pintu yaitu di puskesmas yang lebih memahami masalah pelayanan dan efek samping dari kontrasepsi dengan regulasi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan koordinasi BKKBN Kabupaten/Kota. 4. Untuk Gakin tersedia Askeskin sehingga penyediaan alkon dapat saja disediakan puskesmas sesuai kebutuhan, sedang untuk non-Gakin disediakan lewat APBD. 5. Keterbatasan penelitian ini menyebabkan sampel yang diambil belum dapat digeneralisasi sehingga perlu dilakukan penelitian dengan sampel yang lebih representatif sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik lagi untuk digeneralisasi.
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2219/
dc.subjectWA 525-590 Health Administration and Organization
dc.titleLAPORAN AKHIR PENELITIAN UPAYA PENINGKATAN AKSES TERHADAP INFORMASI DAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA BERKUALITAS DALAM RANGKA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN lBU DAN BAYI
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record