Show simple item record

dc.creatorRachmawati, Tety
dc.creatorBudiarto, Wasis
dc.creatorSoemartono,
dc.creatorIdayanti, Agustin
dc.date2004
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:12Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:12Z
dc.identifierRachmawati, Tety and Budiarto, Wasis and Soemartono, and Idayanti, Agustin (2004) LAPORAN AKHIR PENELITIAN ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI KELUARGA MISKIN (JPK-GAKIN) DALAM RANGKA PELAKSANAAN PKPS-BBM BIDANG KESEHATAN. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20736
dc.descriptionTujuan umum penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap efektivitas penyelenggaraan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Keluarga Miskin (JPK-Gakin) dalam rangka pelaksanaan Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak Bidang Kesehatan (PKPS-BBM Bidkes). Penelitian ini dilakukan di 3 kabupaten uji coba JPK Gakin Depkes yakni Kab. Pati. Rembang dan Kab. Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan 'cross sectional ' yang lebih berorientasi pada system yang berlaku (the existing systems). Sebagai unit analisis dari penelitian ini adalah KK Gakin, dan karyawan pengelola dan PPK yang terlibat dalam pelayanan JPK Gakin, yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua yang terlibat dalam penyelenggaraan program JPK-Gakin PKPS BBM Bidkes yang dipilih secara purposive dan masing-masing kabupaten dipilih 2 puskesmas (perawatan dan non perawatan). Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner/angket, data sekunder, dan observasi yang dilakukan terhadap proses manajemen, pengolahan data dilakukan dengan bantuan komputer, menggunakan paket program statistik yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan trias manajemen (kepesertaan, pemeliharaan kesehatan, keuangan secara prosedural sudah memenuhi ketentuan yang ada, tetapi terjadi ketidakmerataan alokasi dana untuk puskesmas perawatan dan non perawatan. Sustainability program JPK Gakin adalah 'sustainable' dan kontribusi dana untuk Gakin dari Pemkab cukup besar, Efektivitas (effectiveness) penyelenggaraan relatif efektif tetapi dari aspek efisiensi (efficiency), bahwa pelayanan kesehatan di Rembang dan Lobar adalah efisien. sedangkan di Pati sangat tidak efisien. Biaya (cost) penunjang medik dan tindakan medik peserta JPK Gakin sepenuhnya menjadi beban pengelola (Bapel/Satpel), sedangkan biaya obat-obatan ada yang menjadi tanggungan pasien Gakin sendiri, yang sangat memberatkan peserta. Utilisasi pelayanan kesehatan di PPK oleh Gakin tidak bisa memenuhi target yang telah ditetapkan. Akuntabilitas (accountability) pelaksanaan JPK Gakin dapat dikatakan accountable, pengetahuan personil tentang JPK Gakin masih kurang dan tingkat kepuasan (satisfaction) peserta dan personil relatif sudah cukup baik, walaupun harus ada upaya perbaikan dalam penyelenggaraannya.
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2233/
dc.subjectW 100-275 Medical, Dental, and Pharmaceutical Service Plans
dc.titleLAPORAN AKHIR PENELITIAN ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI KELUARGA MISKIN (JPK-GAKIN) DALAM RANGKA PELAKSANAAN PKPS-BBM BIDANG KESEHATAN
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record