Show simple item record

dc.creatorSoemartono,
dc.creatorBudiarto, Wasis
dc.creatorSetyobudi, Titien
dc.creatorSoeparmanto, Paiman
dc.date1993
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:44Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:44Z
dc.identifierSoemartono, and Budiarto, Wasis and Setyobudi, Titien and Soeparmanto, Paiman (1993) PEDOMAN DAN PETUNJUK PENYELENGGARAAN PROGRAM JPKM-KOPERASI sebagai hasil penelitian PENERAPAN PAKET POLA PELAKSANAAN DUKM DI PEDESAAN MELALUI KOPERASI UNIT DESA. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Surabaya.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20902
dc.descriptionPengembanqan program JPKM sebaqai kebijaksanaan Depkes telah dan akan dilaksanakan pada masyarakat luas dimana termasuk masyarakat anggota Koperasi Unit Desa. Permasalahan yang sekarang dihadapi oleh pelaksana program adalah belum adanya panduan yang dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan operasional di lapangan. Dengan melihat permasalahan tersebut telah dilakukan studi uji lapangan (penerapan) dari suatu pedoman pola pelaksanaan program JPKM dalam wadah Koperasi. Penelitian uji lapangan ini dilakukan di 9 KUD dalam 3 kabupaten di Jawa Timur. Uji lapangan ini ditujukan untuk melihat kelayakan panduan yang telah dikembangkan oleh Puslitbang Pelayanan Kesehatan. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa pada dasarnya panduan tersebut dapat dilakukan bila dilihat secara menyeluruh namun banyak hal-hal yang sifatnya operasional perlu mendapatkan penyempurnaan. Hal tersebut mencakup aspek (1) pedoman umum JPKM-Koperasi, (2) penqumpulan dan pengolahan dana, (3) pelaksanaan pelayanan kesehatan, (4) pengorganisasian pelaksanaan dan (5) penggerakan kegiatan. Banyak masukan dari pengalaman uji coba lapangan ini dalam proses penyempurnaan panduan (pedoman dan petunjuk) penyelenggaraan program JPKM dalam wadah Koperasi. Kiranya banyak pula permasalahan yanq perlu diantisipasi bila kegiatan yang dilakukan berdasarkan panduan yang ada. Untuk lebih memantapkan hasil rumusan panduan, perlu kiranya dapat diusulkan dalam lingkup yanq lebih luas (propinsi)di daerah lain seperti di D.I.Yogyakarta.
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Surabaya
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2416/
dc.subjectW 100-275 Medical, Dental, and Pharmaceutical Service Plans
dc.titlePEDOMAN DAN PETUNJUK PENYELENGGARAAN PROGRAM JPKM-KOPERASI sebagai hasil penelitian PENERAPAN PAKET POLA PELAKSANAAN DUKM DI PEDESAAN MELALUI KOPERASI UNIT DESA
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record