Show simple item record

dc.creatorNyoman Veridiana, Ni
dc.date2010
dc.date.accessioned2018-06-28T12:48:47Z
dc.date.available2018-06-28T12:48:47Z
dc.identifierNyoman Veridiana, Ni (2010) PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SCHISTOSOMIASIS DI DATARAN TINGGI NAPU, KABUPATEN POSO, SULAWESI TENGAH. Project Report. Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Donggala.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20928
dc.descriptionPemberantasan penyakit schistosomiasis sudah dilaksanakan sejak lama namun hingga saat ini prevalensi penyakit ini masih tinggi bahkan cenderung mengalami peningkatan apabila tidak dilaksanakan kegiatan pemberantasan. Keberhasilan program pemberantasan terhadap suatu penyakit sangat tergantung dari partisipasi masyarakat dalam mendukung program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pengobatan schistosomiasis dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mekarsari dan Dodolo selama delapan bulan dari bulan April - November 2010. Desain penelitian yaitu cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di daerah penelitian, sedangkan yang menjadi sampel adalah kepala keluarga atau yang mewakili yang berusia diatas 15 tahun, yang terpilih secara acak pada waktu pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagaian masyarakat bekerja sebagai petani, dan memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan sangat rendah. Peranserta masyarakat sudah cukup tinggi dalam penanggulangan penyakit ini. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada ada hubungan antara jenis pekerjaan, tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pengobatan schistosomiasis.
dc.publisherBalai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Donggala
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2443/
dc.subjectWC 680-950 Tropical and Parasitic Diseases
dc.titlePERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SCHISTOSOMIASIS DI DATARAN TINGGI NAPU, KABUPATEN POSO, SULAWESI TENGAH
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record