View Item 
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
      • Repositori Balitbangkes
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
      • Repositori Balitbangkes
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ASESMEN DETERMINAN UTILISASI, AKSES DAN KEPUASAN KONSUMER PELAYANAN KESEHATAN, KHUSUSNYA PADA MASYARAKAT MISKIN DI DAERAH SULIT, TERPENCIL DAN DAERHA MISKIN PERKOTAAN (DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN)

      Date
      2006
      Author
      Suryati, Tati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan utama pembangunan kesehatan adalah menyediakan pelayanan kesehatan bermutu bagi seluruh penduduk (jangkauan universal).Adanya masa transisi,maka pelaksanaan program Jaminan kesehatan Masyarakat Miskin pada tahun 2005 ini masih belum sepenuhnya mengikuti prinsip-prinsip sebagaimana dimaksud dalam UU no.40 tahun 2004. Studi ini akan melihat sejauh mana pelaksanaan sistem ini telah berjalan di masyarakat dan faktor -faktor yang berhubungan dengan utilisasi pelayanan kesehatan khususnya pada masyarakat miskin di daerah terpencil dan sulit, serta di daerah kumuh pekotaan. Jenis sudi adalah kross seksional, disain penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pengambilan data dari sisi masyarakat dan pemilik kartu berobat gratis, tokoh masyarakat informal, kader posyandu dan di triangulasi kepada Camat/lurah serta petugas kesehatan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Distribusi kartu askeskin baru ada di Kab.Ende dan Kab.Karangasem (sampai Desember 2005). Di Ende belum semua difoto, kartu yang tidak ada foto tidak bisa digunakan untuk berobat. Sebagian besar distribusi kartu tepat sasaran. 2. Masalah kepesertaan yang banyak dikeluhkan jumlah kartu kurang, stakeholder banyak tidak diikut sertakan .Pemahaman indikator kemiskinan masih belum sama dan banyak yang tak sesuai untuk menggambarkan tingkat kemiskinan yang sebenarnya. 3. Proses administrasi pemilik kartu di rumah sakit tidak mudah. 4. Perlu ditinjau kembali masalah kapitasi di puskesmas agar tidak ada penolakan masykin yang berobat di daerah perifer. 5. Mekanisme safeguarding belum berjalan, pengaduan masykin dilakukan secara informal. SosiaIisasi sangat kurang baik bagi masykin ,petugas kesehatan dan stakeholder. 6. Sebanyak 84.20% pemillik kartu menyatakan kartu bermanfaat. Pemanfaatan kartu askeskin di Kab-Karangasem baru 5,4% dan di Kab.Ende 8.6% ( periode November 2005), utilisasi tertinggi di puskesmas selanjutnya rumah sakit. 7. Sebanyak 14.9% tidak menggunakan kartu dengan alasan kendala transpotasi. Untuk kasus rujukan penggunaan ambulan/pusling hanya 11.4 % dan separuhnya harus membayar, hanya 7.7% pemilik kartu dapat penggantian transport kasus rujukan. 8. Sebanyak 22% pemegang kartu berobat dengan membayar, pengalaman di rumah sakit banyak yang harus iur biaya : karcis, periksa dokter, periksa perawat, biaya ke klinik gigi, biaya ke klinik KB dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi). 9. Di rumah sakit 65% pemilik kartu hams membeli obat (sebagian atau seluruhnya) ,di Polindes 55%, di Puskesmas dan Pustu sebanyak 25%. 10. Kegiatan revitalisasi Posyandu umumnya ada, namun transparansi alokasi dana kegiatan masih belum jelas, pengaturan besar biaya transport dan incentive kader tidak sama satu dengan yang lain dan tidak semua kader mendapatkan imbalan tersebut. 11. Jumlah penerima BtT lebih sedikit dari penerima kasrtu Askeskin, penyaluran dananya masih belum sempurna.
      URI
      http://repository.litbang.kemkes.go.id/2726/ Suryati, Tati (2006) ASESMEN DETERMINAN UTILISASI, AKSES DAN KEPUASAN KONSUMER PELAYANAN KESEHATAN, KHUSUSNYA PADA MASYARAKAT MISKIN DI DAERAH SULIT, TERPENCIL DAN DAERHA MISKIN PERKOTAAN (DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN). Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
      Collections
      • Repositori Balitbangkes [2647]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback