Show simple item record

dc.creatorBudijanto, Didik
dc.creatorBudiarto, Wasis
dc.creatorRoosihermiatie, Betty
dc.creatorSarwanto,
dc.date2006
dc.date.accessioned2018-06-28T12:49:55Z
dc.date.available2018-06-28T12:49:55Z
dc.identifierBudijanto, Didik and Budiarto, Wasis and Roosihermiatie, Betty and Sarwanto, (2006) UPAYA PENINGKATAN MANAJEMEN PERTOLONGAN PERSALINAN DAN PASCA PERSALINAN OLEH BIDAN DI RUMAH SAKIT DAN FASILITAS KESEHATAN. Project Report. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21253
dc.descriptionPenelitian ini dilakukan mengingat sampai sejauh ini evaluasi mengenai Intensitas pengetahuan, sikap dan keterampilan pada aspek APN (Asuhan Persalinan Normal), KIPIK (Komunikasi Interpersonal dan Konseling) dan PWS-KIA (Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu-Anak) belum pernah dilakukan, meskipun pelatihan-pelatihan sering dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kemampuan (pengetahuan, sikap dan keterampilan) tentang APN, KIPK dan PWS-KIA berdasarkan Intensitasnya. Rancangan penelitian digunakan secara diskriptif dengan populasi seluruh bidan yang berada di daerah penelitian (6 lokasi penelitian) di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Sampel diambil secara random sederhana dengan jumlah 15 orang tiap lokasi penelitian (total 90 orang bidan). Variabel yang diukur adalah pengetahuan (tahu, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi); sikap (kognitif, afektif dan konatif) dan Skil/keterampilan (intelektual skill, psikomotorik skill). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengisian kuesioner pengetahuan, sikap dan keterampilan. Analisis data dilakukan secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan meningkat jumlah bidan yang pengetahuannya kurang mulai intensitas analisis, sintesis dan evaluasi (lebih dari 60%) baik untuk aspek APN, KIPK ataupun PWS-KIA. Demikian pula sikap bidan yang cenderung kurang favourabel dan keterampilan intelektual yang juga kurang (lebih dari 60%). Namun keterampilan psikomotorik yang cukup baikbaik untuk Asuhan Pembuatan Keputusan Klinik, Asuhan Bayi Barn Lahir dan Asuhan Pascapersalinan. (skor T standar di atas 50,O). Diharapkan hasil ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan dan pelaksanaan program peningkatan kualitas SDM bidan dalam pelayanan persalinan.
dc.publisherPusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan
dc.relationhttp://repository.litbang.kemkes.go.id/2779/
dc.subjectWQ 152-175 Childbirth. Prenatal Care
dc.titleUPAYA PENINGKATAN MANAJEMEN PERTOLONGAN PERSALINAN DAN PASCA PERSALINAN OLEH BIDAN DI RUMAH SAKIT DAN FASILITAS KESEHATAN
dc.typeMonograph
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record