View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
      • PANNMED
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
      • PANNMED
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN PENGETAHUAN MELALUI IKLAN OBAT (MAAG) TERHADAP SIKAP PEMILIHAN OBAT UNTUK SWAMEDIKASI PENGOBATAN MAAG PADA MASYARAKAT DI DUSUN V DESA BINJAI BARU KECAMATAN TALAWI

      Date
      2018
      Author
      Andarwati, Rini
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penderita penyakit maag di Dusun V Desa Binjai Baru cukup banyak.Data didapat dari tenaga kesehatan yang ada di daerah ini hampir separuh masyarakat yang berobat mengalami gangguan lambung dan pengobtan secara swamedikasi pilihan utama bagi masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan melalui iklan obat maag terhadap sikap pemilihan obat untuk swamedikasi pada masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey seksional atau potong silang (Cross sectional) dengan cara pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 409 orang dan jumlah responden 80 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi tentang iklan obat maag termasuk dalam kategori cukup baik (68.75%), sikap tentang pemilihan obat untuk swamedikasi terhadap iklan obat maag cukup baik (68.75%), dan pada analisa regresi logistik dengan nilai p=0.001, maka terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan melalui iklan obat maag dengan sikap untuk swamedikasi pengobatan maag pada masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi. Disarankan kepada pihak periklanan sebaiknya memberikan informasi yang lengkap mengenai iklan obat agar iklan obat dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tidak menyesatkan. Dan Industri farmasi untuk lebih jujur dan rasional dalam memperkenalkan produknya melalui iklan.
      URI
      http://ojs.poltekkes-medan.ac.id/pannmed/article/view/164/139 http://ojs.poltekkes-medan.ac.id/pannmed/article/view/164
      Collections
      • PANNMED [330]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback