Show simple item record

dc.contributorid-ID
dc.creatorWawan, Wawan
dc.creatorAnna, Anna
dc.date2016-04-30
dc.date.accessioned2019-11-08T12:15:02Z
dc.date.available2019-11-08T12:15:02Z
dc.identifierhttp://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/128
dc.identifier10.26630/jk.v7i1.128
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/36140
dc.descriptionPerilaku tantrum merupakan perilaku yang sering muncul pada anak spektrum autisme, berupa perilaku  mengamuk, amarah meledak-ledak, jeritan, tangisan, membentur-benturkan kepala, memukul-mukul, menendang, berguling-guling dan kekakuan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi visual untuk mengatasi perilaku tantrum pada anak dengan kondisi Autis Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analitik kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling dengan kriteria tertentu (purposive sampling). Informan dalam penelitian ini adalah guru pendamping (shadow teacher), orang tua dan guru kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah terencana dengan baik tetapi sistem pendokumentasian masih bersifat umum, (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual dilakukan di dalam kelas dan luar kelas, dengan menggunakan gambar-gambar mengenai suatu tindakan yang harus dilakukan oleh anak, (3) evaluasi pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah dilaksanakan selama proses pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, namun belum terdokumentasi dengan baik, (4) penggunaan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak ASD tipe Sindroma Asperger dinilai sangat efektif dilihat dari perubahan perilaku yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual. Implikasi penelitian ini bahwa TPP Al Firdaus perlu menggunakan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak autis serta meningkatkan kualitas guru dan terapis agar penggunaan strategi visual dalam pembelajaran dan terapi untuk anak autis lebih optimal.id-ID
dc.format
dc.languageeng
dc.publisherPoliteknik Kesehatan Tanjung Karangen-US
dc.relationhttp://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/128/120
dc.rightsCopyright (c) 2016 Jurnal Kesehatanen-US
dc.sourceJurnal Kesehatan; Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Kesehatan; 119-123en-US
dc.sourceJurnal Kesehatan; Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Kesehatan; 119-123id-ID
dc.source2548-5695
dc.source2086-7751
dc.source10.26630/jk.v7i1
dc.subjectStrategi visual, Pembelajaran keterampilan sosial, Autis Spectrum Disorder (ASD)id-ID
dc.titleKeefektifan Strategi Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial pada Anak dengan Kondisi Spektrum Autis Tipe Sindroma Asperger (ASD)id-ID
dc.typeinfo:eu-repo/semantics/article
dc.typeinfo:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.typePeer-reviewed Articleen-US


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal Kesehatan [351]
    Jurnal Kesehatan published by Politeknik Kesehatan Tanjung Karang with professional organizations (PTGI, PATELKI, PERSAGI, PPNI, IBI, HAKLI, PAFI, PPGI). It contains writings drawn from research and non-research, critical analytical studies in health areas. This journal was first published in April 2010 in print. Since 2015, Jurnal Kesehatan has been published in print and online. And since April 2016, Jurnal Kesehatan has National Accreditation in SINTA-3.

Show simple item record