View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Gambaran Tingkat Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa di SMA Pesat Kota Bogor

      Date
      2017
      Author
      Penulis : Inaya Verly Pembimbing : Drs. I Nengah Mustika, M.Kes Penguji 1 : Bram Burmanajaya, S.KM., M. Kep. Penguji 2 : Fauziah, S. Kp., M. Kep., Ns. Sp. Kep. J
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Siswa SMA berada pada masa remaja, dimana masa remaja adalah masa transisi atau peralihan dari masa kanak-kanak kemasa dewasa, yang diawali dengan pubertas. Pada masa ini, terjadi berbagai perubahan, baik dari segi fisik, sosial, maupun emosional. Remaja dituntut untuk mampu mengendalikan perasaan mereka, dalam proses perkembangan menuju kematangan emosi. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi baik emosi dirinya sendiri maupun emosi orang lain dengan tindakan konstruktif serta mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi dan sosial. Pada masa remaja seseorang mulai menyadari bahwa kesuksesan dan kegagalan yang dialami di masa remaja merupakan prediksi untuk keberhasilan hidup di masa dewasa. Kesuksesan dan kegagalan bisa diukur dari prestasi di bidang Pendidikan Formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA PESAT. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel menggunakan proporsional simple random sampling, sebanyak 64 responden. Penelitian ini diambil di SMA PESAT Kota Bogor. Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengisi kuesioner TEIQue ASF yang berisikan 30 pernyataan yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional pada remaja dan melihat dokumentasi prestasi belajar di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari setengahnya 48 responden (75%) memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi, dan sebagian besar responden memiliki prestasi belajar baik yaitu sebanyak 54 responden (84%). Penelitian ini bermanfaat untuk pengembangan ilmu keperawatan jiwa untuk menstrimulus perkembangan bio-psiko-sosial-spiritual untuk anak remaja, serta untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangakan judul penelitian ini dengan menambah variabel kecerdasan spiritual.
      URI
      KTI/STUDENT RESEARCH http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/866
      Collections
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung [2475]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback