JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.
HUBUNGAN POLA ASUH DAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PAGADUNGAN INDAH KECAMATAN PURWASARI KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2014
Personal sosial merupakan kesiapan individu untuk bergabung dengan lingkungan sosial yang didukung dengan keterampilan dan kebiasaan individu sebagai ciri dari kelompok, dan kemampuan membantu diri sendiri, serta kemampuan individu untuk ikut serta dalam aktivitas kelompok atau sosial. Keterlambatan perkembangan tentunya tidak kita harapkan terjadi pada anak-anak. Berdasarkan studi pendahuluan anak yang mengalami keterlambatan dalam aspek personal sosial mencapai angka 54,54% pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh dan Karakteristik Ibu dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pagadungan Indah Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Periode Februari – Juli 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan melakukan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak berusia 4-5 tahun di TK Pagadungan Indah yang berjumlah 44 responden. Pada penelitian ini besar sampel ditentukan menggunakan teknik total sampling yakni sebanyak 44 responden. Analisa data yang digunakan adalah statistik chi-square. Hasil penelitian tentang hubungan pola asuh diperoleh nilai p= 0,0001, pengetahuan diperoleh nilai p=0,007, dan pekerjaan diperoleh nilai p=0,003, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh, pengetahuan, dan pekerjaan dengan perkembangan personal sosial anak usia 4 – 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kita semua dapat mendeteksi secara dini keterlambatan perkembangan pada anak dan menghindarkan penyebab-penyebab keterlambatan perkembangan anak.
Kata Kunci : Hubungan, Pola Asuh, Pengetahuan, Pekerjaan Sumber : 33 (1996 – 2014)