Edukasi gizi meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku hidup sehat. Media video menyampaikan materi secara lebih jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang menggunakan media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja.
Desain penelitian quasy-experimental with two group pre and post test sampel 60 siswa (intervensi: 30 siswa, kontrol: 30 siswa). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Kota Cimahi yaitu kelas VIII yang berusia 13 – 15 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Friedman Test post hoc Wilcoxon untuk melihat pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap serta Mann Whitney-U untuk melihat efektifitas media terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja pada kedua kelompok.
Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi dan kontrol (pengetahuan: p<0,001, sikap: p<0,001). Media video gizi seimbang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap dibanding power point (pengetahuan: p<0,05, sikap: p<0,05). Rekomendasi penggunaan media video dalam kegiatan edukasi gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja.