View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Hubungan Kelompok Bermain Dengan Pencapaian Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah (4-6 tahun) di RW 09 Desa Bojongkunci

      Date
      2016
      Author
      Penulis : Neno Nurul Fathia Pembimbing : Haris Sofyana S.Kep.,Ners.,M.Kep. Penguji 1 : Dra.Hj.Sri Kusmiati,SKp.,M.Kes. Penguji 2 : Dra.Hj.Susy Hermaningsih,M.Kes.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Bandung Program Studi Keperawatan Bandung Bandung, Juli 2016 Neno Nurul Fathia. P17320113074 HUBUNGAN KELOMPOK BERMAIN DENGAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA-SEKOLAH (4-6 TAHUN) DI RW 09 DESA BOJONGKUNCI ABSTRAK X, 67 hal, 5 Bab, 9 gambar, 15 tabel, 6 lampiran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 16% anak di Indonesia mengalami gangguan perkembangan. Apabila gangguan perkembangan tidak ditangani, maka gangguan ini dapat berlanjut hingga dewasa dan sifatnya dapat menetap. Diperkirakan akan menyebabkan penghasilan anak tersebut di usia dewasa berkurang sebanyak 20% sehingga akan berimplikasi pada perkembangan nasional suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelompok bermain dengan pencapaian perkembangan pada anak usia pra-sekolah. Metode penelitian yang dilakukan di Rw 09 Desa Bojongkunci yaitu penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan mengambil subjek anak usia pra-sekolah yang mengikuti dan tidak mengikuti kelompok bermain dengan menggunakan penilaian KPSP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Total Sampling. Analisa statistik menggunakan analisa univariate (df) dan bivariate (X2). Hasil dari penelitian ini bahwa 22 anak yang tidak mengikuti kelompok bermain, sekitar 4,5% anak yang mengalami penyimpangan perkembangan, 63,6% anak mengalami perkembangan meragukan, sedangkan pada kelompok anak yang mengikuti kelompok bermain yang berjumlah 23 orang, sekitar 4,3% anak mengalami perkembangan meragukan. Hasil uji statistik di dapatkan p=0.000 terdapat hubungan yang signifikan antara mengikuti kelompok bermain dengan pecapaian perkembangan. Disarankan kepada puskesmas untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya stimulasi yang teratur dan terarah untuk mengubah pemahaman orangtua mengenai pencapaian perkembangan anak. Kata kunci: Kelompok Bermain, Perkembangan, Anak Pra-sekolah Daftar Pustaka: 20 (1994-2015)
      URI
      http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/2537
      Collections
      • Repositori Institusi Poltekkes Kemenkes Bandung [2475]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback