Show simple item record

dc.contributorJati Setiati,S.IIP
dc.creatorPenulis : Sumiarti Pembimbing : Dra. Hj. Sri Kusmiati, S.Kp.,M.Kes. Penguji 1 : Hj. Sri Ramdaniati, S.Kep.,Ners.,M.Kep. Penguji 2 : Haris Sofyana, S.Kep.,Ners.,M.Kep
dc.date2016
dc.date.accessioned2019-11-17T00:28:45Z
dc.date.available2019-11-17T00:28:45Z
dc.identifierhttp://repository.poltekkesbdg.info/items/show/2551
dc.identifierhttp://repository.poltekkesbdg.info/files/original/f56cd712fc4a8a46f2c57bcb5fcfe176.pdf
dc.identifierhttp://repository.poltekkesbdg.info/files/original/c7d7a027fb7e9f5dec61cb94ed12676e.pdf
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/39470
dc.descriptionPoliteknik Kesehatan Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Bandung Program Studi Keperawatan Bandung Bandung, 15 Juli 2016 Sumiarti. P17320113022 PENGARUH BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA ANAK PRASEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RSUD CIBABAT KOTA CIMAHI ABSTRAK Xi,42Hal,5 Bab, 1 Bagan,6Tabel, 9Lampiran Penelitian ini dilatar belakangi olehtingginya angka kesakitan anakyang menjalani hospitalisasi yang dapat menimbulkan kecemasan dan stress, pada umumnya kecemasan terjadi karena adanya perpisahan, perlukaan tubuh dan rasa nyeri, dan sering kali hospitalisasi dipersepsikan oleh anak sebagai hukuman, perasaan malu dan takut sehingga menimbulkan reaksi agresif, marah, berontak, tidak mau bekerjasama dengan perawat dan menolak makanan. Hal ini menunjukkan pentingnya dilakukan intervensi yang tepat untuk mengatasi kecemasan akibat hospitalisasi pada anak seperti dilakukan metode bermain. Bermain bagi anak dapat menghilangkan stress, bermain puzzle dapat digunakan sebagai media bermain pada anak yang menjalani hospitalisasi karena bermain puzzle dapat membangkitkan rasa percaya diri anak dan menambah rasa aman pada anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle terhadap penurunan kecemasan anak prasekolah selama hospitalisasi. Metode penelitian ini menggunakan quasy experimentdengan menggunakan desainpenelitian pre-post test one group design. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 42 orang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling.Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 95% (α = 0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 <α = 0,05 ( Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain puzzle terhadap penurunan kecemasan pada anak prasekolah selama hospitalisasi di ruang anak RSUD Cibabat Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan pada institusi pelayanan kesehatan untuk melakukan intervensi bermain pada anak yang mengalami hospitalisasi khususnya anak prasekolah dalam mengatasi kecemasan sebagai suatu respon hospitalisasi. Kata kunci: Bermain Puzzle, Kecemasan, Anak Prasekolah, Hospitalisasi. Daftar pustaka : 17 Buku (2004 - 2014), 10 Jurnal (2006-2015).
dc.formatpdf
dc.languageIndonesia
dc.publisherPoltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Bandung
dc.subjectPuzzle, penurunan kecemasan
dc.titlePengaruh Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Pra Sekolah Selama Hospitalisasi Di Ruang Anak RSUD Cibabat Kota Cimahi
dc.typeKTI Mahasiswa


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record