Show simple item record

dc.creatorGita, Asmara Puspa Salsabila
dc.creatorNur, Hidayat
dc.creatorRini, Wuri Astuti
dc.date2019-05-22
dc.date.accessioned2019-12-01T12:03:13Z
dc.date.available2019-12-01T12:03:13Z
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/1/1.%20AWAL.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/2/2.%20ABSTRAK.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/3/3.%20CHAPTER%201.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/4/4.%20CHAPTER%202.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/5/5.%20CHAPTER%203.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/6/6.%20CHAPTER%204.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/7/7.%20CONCLUSION.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/8/8.%20REFERENCE.pdf
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/9/9.%20APPENDIX.pdf
dc.identifierGita, Asmara Puspa Salsabila and Nur, Hidayat and Rini, Wuri Astuti (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBAHASA ISYARAT TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWA/I TUNARUNGU DI SMALB NEGERI. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/40542
dc.descriptionLatar Belakang : Pada remaja masalah gizi yang saat ini menjadi masalah utama adalah anemia, khususnya anemia defisiensi zat gizi besi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anemia pada remaja adalah dengan meningkatkan pengetahuan melalui pembelajaran gizi. Pembelajaran gizi dapat dilakukan dengan berbagai metode, tetapi tidak semua orang atau anak bisa menerima berbagai metode pembelajaran dengan mudah. Anak tuna rungu memiliki keterbatasan pada indra pendengaran antara lain bebicara dan berkomunikasi. Adanya keterbatasan pada anak tunarungu ini menuntut adanya media pembelajaran gizi yang dapat dimengerti dan dipahami oleh anak tunarungu yang mengandalkan daya tangkap visual. Media pembelajaran gizi yang digunakan pada penelitian ini adalah video berbahasa isyarat dan slide power point. Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan efektifitas media pembelajaran video berbahasa isyarat dan media pembelajaran slide terhadap pengetahuan tentang anemia pada anak tuna rungu Metode penelitian : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest with control group design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi SMALB Negeri 1 Bantul, SMALB Negeri 2 Bantul dan SMALB Wiyata Dharma 1 Sleman yang berjumlah 12 responden setiap perlakuan Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pengetahuan tentang anemia pada kelompok video berbahasa isyarat adalah 7,67 sedangkan pada kelompok slide adalah 5,75. Tidak ada perbedaan efektifitas media video berbahasa isyarat dan media slide dalam meningkatkan pengetahuan anemia pada siswa/i tunarungu. ( P = 0,065) Kesimpulan : Tidak ada perbedaan efektifitas media pembelajaran video berbahasa isyarat dibandingkan dengan media slide dalam meningkatkan pengetahuan anemia pada siswa/i tunarungu. Kata kunci : media pembelajaran, video berbahasa isyarat, slide, pengetahuan anemia, tunarungu
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.formattext
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.languageen
dc.relationhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1129/
dc.subjectRA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
dc.titleEFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBAHASA ISYARAT TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWA/I TUNARUNGU DI SMALB NEGERI
dc.typeThesis
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record