Show simple item record

dc.creatorCandy Arisonya*,
dc.creatorSiti Tyastuti,
dc.creatorYani Widyastuti,
dc.date2018-09-06
dc.date.accessioned2019-12-01T12:05:31Z
dc.date.available2019-12-01T12:05:31Z
dc.identifierhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1710/1/0.%20NASKAH%20SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
dc.identifierCandy Arisonya*, and Siti Tyastuti, and Yani Widyastuti, (2018) PENGARUH BANTALAN PEMANAS ELEKTRIK TERHADAP PENURUNAN DISMENORE PRIMER PADA MAHASISWI ASRAMA I DAN III POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2018. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/40991
dc.descriptionLatar Belakang: Wanita seharusnya bekerja atau bersekolah secara maksimal, tetapi pada kenyataannya wanita kehilangan hari kerjanya setiap bulannya akibat dismenore. Bantalan pemanas elektrik merupakan alat yang dapat mengurangi nyeri akibat spasme atau kekakuan namun,pada alat tersebut tidak tertera untuk mengurangi nyeri dismenore. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh bantalan pemanas elektrik terhadap penurunan dismenore pada Mahasiswi Asrama I dan III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan randomisasi Pre-post Test Design with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2018. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Asrama I dan III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang mengalami dismenore. Sampel penelitian sejumlah 36 mahasiswi dengan 18 mahasiswi sebagai kelompok eksperimen dan 18 mahasisiwi sebagai kontrol. Kami membandingkan kelompok eksperimen yang diberi bantalan pemanas elektrik dengan kelompok konrol yang diberi minyak kayu putih. Analisis data menggunakan Mann Whitney. Hasil Penelitian: Perbedaan rata-rata dari selisih penurunan dismenore pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol adalah 2,083 (p=0,000). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pengaruh bantalan pemanas elektrik terhadap penurunan dismenore primer. Pengaplikasian bantalan pemanas elektrik diharapkan dapat menjadi alternatif penanganan dismenore primer. Kesimpulan: Ada pengaruh bantalan pemanas elektrik terhadap penurunan dismenore primer pada mahasiswi Asrama I dan III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
dc.formattext
dc.languageid
dc.relationhttp://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1710/
dc.relationhttp://poltekkesjogja.ac.id
dc.subjectRG Gynecology and obstetrics
dc.titlePENGARUH BANTALAN PEMANAS ELEKTRIK TERHADAP PENURUNAN DISMENORE PRIMER PADA MAHASISWI ASRAMA I DAN III POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2018
dc.typeThesis
dc.typeNonPeerReviewed


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record