Abstract
Latar Belakang: Sistem pelayanan kesehatan merupakan bagian penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Melalui sistem ini tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai dengan cara efektif, efisien dan tepat sasaran.Tujuan: untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kandangan Kabupaten TemanggungMetode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus dengan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan Cross SectionalHasil: Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Kandangan dengan tingkat kepuasan pasien.Saran: diharapkan dapat meningkatkan kualiatas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien yang lebih optimal terutama pada waktu pelayanan pada pasien agar lebih efisien, melakukan pendekatan atau penyuluhan terhadap persepsi masyarakat akan hal kualitas pelayanan dan kepuasan pasien.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien