View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS WRITING THERAPY TERHADAP PENURUNAN CEMASPADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 2 KLEDUNGKABUPATEN TEMANGGUNG

      Date
      2018
      Author
      GALIH MAHENDRA WEKOADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      EFEKTIVITAS WRITING THERAPY TERHADAP PENURUNAN CEMASPADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 2 KLEDUNGKABUPATEN TEMANGGUNGGalih Mahendra Wekoadi 1, Moh. Ridwan2, Angga Sugiarto.3Politeknik Kesehatan Kemenkes SemarangProdi Sarjana Terapan Keperawatan MagelangAbstrakBullying merupakan salah satu fenomena sosial yang sering terjadi di masyarakat,baik pada anak-anak, remaja, bahkan usia dewasa sekalipun. Kejadian bullyingsangat bermacam-macam seperti pukulan fisik, pelecehan verbal, penyebarangosip, pengucilan maupun penggunaan sosial media untuk mengirimkan beritaburuk. Salah satu permasalahan pada korban bullying adalah cemas. Tujuan daripenelitian ini adalah mengetahui efektifitas writing therapy terhadap penurunancemas pada remaja korban bullying di SMP Negeri 2 Kledung KabupatenTemanggung. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Designdengan metode Non Equivalent Control Grup Design pre-test post-test. Respondendalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang diambil dengan metode purposivesampling dan dibagi menjadi 2 yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi.Pengukuran kecemasan dalam penelitian ini menggunakan skala ukur cemas HARS(Hamilton Anxiety Rating Scale). Intervensi writing therapy dilakukan sebanyak 8kali pertemuan selama 4 pekan. Setiap pertemuan membutuhkan waktu 35 menityang terbagi atas 4 sesi. Hasil penelitian menunjukan writing therapy efektif dalammenurunkan cemas p = 0.001 (p < 0.05).Kata kunci : Remaja, Bullying, Cemas, Writing Therapy
      URI
      http://repository.poltekkes-smg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=15332
      Collections
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang [19935]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback