Abstract
Kekerasan verbal adalah tindakan yang dilakukan seseorang dalam bentuk memarahi, memaki, mengomel dan membentak secara berlebihan, termasuk mengeluarkan kata-kata yang tidak patut terhadap anak. kekerasan verbal terjadi karena orangtua sebagai pelaku tidak menyadari bahwa orangtua pernah melakukan kekerasan verbal kepada anak serta orangtua kurang mengetahui dampak yang diperoleh anak dalam jangka panjang. Cara untuk menghindari adanya verbal abuse pada anak salah satunya yaitu memberikan pendidikan kepada orangtua dengan memberikan reformulasi bahasa santun. Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan asuhan keperawatan anak yang mengalami verbal abuse dengan defisiensi pengetahuan orangtua. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode penulisan yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dengan dua responden. Hasil dari penelitian didapatkan selama 5 kali kunjungan adalah masalah teratasi sebagian sesuai dengan kriteria hasil yang sudah ditetapkan namun dari membandingkan antara kedua klien hasil dari pengkajian dan implementasi yang dilakukan memiliki respon yang berbeda-beda. Mengingat pentingnya reformulasi bahasa santun dari orangtua ke anak maka perawat perlu memberikan informasi yang lebih terhadap orangtua dengan cara mendemonstrasikan bahasa santun yang bisa diterapkan oleh orangtua.Kata kunci : Verbal Abuse, Kekerasan Anak, Orangtua, Reformulasi Bahasa Santun.ABSTRACTVerbal abuse is an act that someone does in the form of scolding, cursing, nagging and exaggerating, including issuing inappropriate words against the child. verbal violence occurs because parents as perpetrators do not realize that parents have been verbal abuse to children and parents are less aware of the impact that children get in the long run. How to avoid the existence of verbal abuse in children one of them is to provide education to parents by providing reformulation of polite. The purpose of this study is to implement the nursing care of children who experience verbal abuse with parental knowledge deficiency. The method used is descriptive method of writing method that aims to describe or describe the important events that occur with two respondents. The results of the research obtained during 5 visits are partially resolved problems in accordance with predetermined results criteria but from comparing the two clients the results of the assessment and implementation performed have different responses. Given the importance of parental-to-child's politi- cal reformulation, the nurse needs to provide more information to parents by demonstrating the language that can be applied by parents.Keywords: Verbal Abuse, Child Abuse, Parents, Language Reformulation