Abstract
Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan kesadaran dan perilaku hygiene personal. Hal terpenting dalam pemeliharaan kesehatan gigi yaitu berhubungan dengan kontrol plak atau menghilangkan plak secara teratur. Terbentuknya perilaku individu yang benar diperoleh melalui pendidikan. Media yang digunakan adalah cerita bergambar dan ular tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media cerita bergambar dengan ular tangga dalam pendidikan kesehatan gigi terhadap indeks plak pada siswa kelas 3 dan 4 SDS Aisyiyah Bengkalis.Metode penelitian ini adalah quasy eksperiment yang dilakukan pada siswa kelas 3 dan 4 SDS Aisyiyah Bengkalis. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 64 siswa dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji analisis Wilcoxon untuk melihat perbedaan indeks plak sebelum dan sesudah penyuluhan. Menggunakan uji Mann-Whitney untuk melihat efektifitas media cerita bergambar dan ular tangga terhadap indeks plak.Hasil uji Wilcoxon p=0,000 (p