View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TINJAUAN FAKTOR KETERLAMBATAN PENGIRIMAN KLAIM KE BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DENGAN VERIFIKASI DIGITAL KLAIM (VEDIKA) MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN DI RSUD TUGUREJO PROVINSI JAWA TENGAH

      Date
      2019
      Author
      HAJAR IRFANNY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tinjauan Faktor Keterlambatan Pengiriman Klaim ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan Verifikasi Digital Klaim (Vedika) melalui Pendekatan Manajemen di RSUD Tugurejo Provinsi Jawa TengahHajar Irfanny*) ; Anton KristijonoJurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes SemarangJl. Tirto Agung, Pedalangan, BanyumanikAbstrakBPJS telah menerapkan Vedika bagi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Penggunaan sistem digital atau elektronik seharusnya memudahkan proses klaim supaya berjalan efisien dan tepat waktu, tetapi di RSUD Tugurejo tetap mengalami keterlambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor keterlambatan pengiriman klaim ke BPJS Kesehatan dengan Vedika melalui pendekatan manajemen di RSUD Tugurejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh petugas koding, petugas klaim, dan Ka Instalasi Rekam Medis. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan cheklist dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis univariate (deskriptif).Hasil penelitian ini menunjukan ketidaksesuian pelaksanaan proses verifikasi klaim dengan SPO, dimana ada kegiatan yang belum tertera dalam SPO. Berdasarkan faktor manusia, banyak dari petugas klaim yang berlatar pendidikan non rekam medis. Dari faktor finansial, perlu diadakan pengusulan anggaran untuk penambahan alat. Dari faktor material, aplikasi yang digunakan sering error, sehingga mengganggu proses klaim. Dari faktor methode, sudah terdapat SPO dalam pelaksanaan proses klaim. Dari faktor mesin, perlu ditambah scanner atau penggantian scanner yang lebih canggih. Kata Kunci : Faktor Keterlambatan ; Pengiriman Klaim ; BPJS KesehatanAbstarct[English Title : Review of Delay Factors for Submitting Claims to the Social Security Organizing Agency (BPJS) with Claims Digital Verification (Vedika) through a Management Approach at RSUD Tugurejo in Central Java Province] BPJS has implemented Vedika for FKRTL. The use of a digital or electronic system should facilitate the claim process so that it runs efficiently and on time, but in the RSUD Tugurejo it continues to experience delays. The purpose of this study was to determine the delay factor in sending claims to BPJS Kesehatan with Vedika through a management approach in RSUD Tugurejo. This study used a descriptive qualitative research method. The population of this study were all coding officers, claim officers, and Medical Record Installation Heads. Methods of collecting data from this study were observation and interviews. Instrument used interview checklist and guidelines. Data analysis uses univariate analysis (descriptive). The results of this study indicate the incompatibility of the claim verification process with the SPO, where there are activities that have not been listed in the SPO. Based on human factors, many of the claim officers are from non-medical records. From financial factors, it is necessary to propose a budget for the addition of tools. From material factors, the application used is often an error, thus disrupting the claim process. From the method factor, there is an SPO in carrying out the claim process. From machine factors, it is necessary to add more sophisticated scanners or replacement scanners.Keywords : Delay Factor ; Claim Submission ; BPJS Kesehatan*) Penulis KorespondensiE-mail : hajarirfanny60@gmail.com
      URI
      http://repository.poltekkes-smg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17902
      Collections
      • Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang [19935]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback