Abstract
latar belakang: peningkatan kesehatan ibu merupakan slah satu tujuan MDG's. pencapaian AKI dijawa tengah termasuk kota semarang tahun 2011 mengalami peningkatan dibandikan tahun 2010 dan 2009. salah satu faktor penyebab kematian ibu adalah ketidaktahuan. promosi kesehatan dengan berbagai kegiatan strategi metode dan tenik berupaya memerangi perilaku masyarakat yang perisiko penelitian promosi kesehatanan pencegahan kematian ibu berbasis media dikota semarang perlu dilakukan .tujuan: untuk menguji perbedan pengaruh promosi kesehatan dengan media film dan lembar balik terhadap pengaetahuan dan sikap ibu hamil tentang pencegahan kematian ibu, menguji perbedan pengaruh antara keduanya pada saat setelah mendapatkan perlakukan dan setelah 10-14 hari dari perilaku. metode penelitian: rancangan penelitian quasi experiment dengan one group pretest-posttest. jumlah sampel 27 orang mendapatkan promosi kesehatan dengan film (kelompok 2). anaslisis data menggunakan chi beda 2 mean t test (dependen dan interdependen), mann whitney, serta wilcoxon.Hasil : Karakteristik kedua kelompok perlakuan adalah setara. Terdapat perbedaan yang bermakna (p0.05), meskipun secara absolut kelompok 1 lebih tinggi. Pengetahuan posttest II pada kelompok 1 adalah sama dengan posttest I (p>0.05). Sementara pada kelompok 2, pengetahuan posttest II menurun (p