View Item 
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan
      • Katalog Perpustakaan Badan PPSDMK Kemenkes RI
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan
      • Katalog Perpustakaan Badan PPSDMK Kemenkes RI
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Thesis : Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) di Rumah Sakit Nene Mallomo Kabupaten Sidrap

      Date
      2016
      Author
      Muhaiminah Said
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain dan rencana peningkatan kualitas pelayanan rawat inap berdasarkan harapan pelanggan.Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode quality function deployment. Pendekatan yang digunakan adalah survey deskriptif dengan rancangan studi kasus. Populasi adalah seluruh pasien rawat inap dan petugas. Sampel adalah beberapa pasien rawat inap yang dirawat lebih dari 2x24 jam yang diperoleh secara proporsional sampling dan beberapa petugas yang diperoleh secara purposif. Data diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner, dan focus group discussion dengan pihak manajemen dan kepala instalasi. Data dianalisis menggunakan metode quality function deployment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas kebutuhan pasien adalah dokter berusaha menenangkan dan mengurangi rasa cemas pasien terhadap penyakit yang dideritanya; fasilitas ruang rawat inap lengkap dan berfungsi dengan baik; obat yang dibutuhkan tersedia di apotek rumah sakit; perawat/bidan meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasien; dokter/perawat/bidan mencatat tindakan yang dilakukan. Berdasarkan matriks house of quality diketahui bahwa prioritas teknikal adalah menerapkan SOP, menjalin komitmen pemimpin dan staf serta membangun komunikasi yang efektif.Kata kunci : kualitas pelayanan, quality function deployment, house of quality
      URI
      http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=6150
      Collections
      • Katalog Perpustakaan Badan PPSDMK Kemenkes RI [4513]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback