Show simple item record

dc.creatorHappy Yulan Three
dc.date2019
dc.date.accessioned2019-12-02T01:52:31Z
dc.date.available2019-12-02T01:52:31Z
dc.identifierhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=6148
dc.identifier
dc.identifier042 Hap A
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/71634
dc.descriptionHappy Yulan Three “Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Apendisitis Di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019” XIII+ 63 halaman, 1 Bagan, 2 tabel, 13 lampiran ABSTRAK Apendisitis merupakan penyakit yang dapat terjadi pada usia produktif, di dunia angka kejadian apendisitis tahun 2015 mencapai 510 juta kasus. Komplikasi utama apendisitis adalah perforasi apendik yang dapat berkembang menjadi peritonitis. Kasus apendisitis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang Januari sampai November 2018 berjumlah 361 orang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien apendisitis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang. Jenis penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dilakukan di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang dimulai dari November 2018-Juni 2019. Metode pengambikan sampel yang digunakan random sampling pada 1 orang partisipan dari 3 pasien yang sesuai kriteria inklusi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis pengumpulan data yaitu primer & sekunder. Analisa deskriptif dilakukan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisiologis (inflamasi), nausea berhubungan dengan distensi lambung, ansietas berhubungan dengan rencana operasi, nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisik (operasi), gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan nyeri, gangguan integritas kulit/jaringan berhubungan dengan faktor mekanik, evaluasi diagnosa nyeri akut teratasi hari kedua dan ketiga, evaluasi diagnosa nausea dan ansietas teratasi hari kedua, evaluasi diagnosa gangguan mobilitas fisik dan integritas kulit teratasi hari keempat. Disarankan untuk Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang melalui direktur rumah sakit diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan secara optimal kepada pasien mulai dari melakukan pengkajian ulang sehingga data-data yang diperoleh mendukung untuk ditegakkannya diagnosa serta rencana dan tindakan keperawatan. Kata Kunci : Apendisitis, Asuhan Keperawatan Daftar Pustaka : 19 (2012-2018)
dc.formatText
dc.languageIndonesia
dc.publisherPoliteknik Kesehatan Kemenkes Padang
dc.relationhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/KTI+Happy+YT.pdf
dc.subjectApendisitis
dc.subjectNONE
dc.titleAsuhan Keperawatan pada Pasien dengan Apendisitis Di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019
dc.hasVersion
dc.mediumText
dc.extentxiii, 79 hlm.; 21 x 29 cm
dc.abstractHappy Yulan Three “Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Apendisitis Di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019” XIII+ 63 halaman, 1 Bagan, 2 tabel, 13 lampiran ABSTRAK Apendisitis merupakan penyakit yang dapat terjadi pada usia produktif, di dunia angka kejadian apendisitis tahun 2015 mencapai 510 juta kasus. Komplikasi utama apendisitis adalah perforasi apendik yang dapat berkembang menjadi peritonitis. Kasus apendisitis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang Januari sampai November 2018 berjumlah 361 orang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien apendisitis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang. Jenis penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dilakukan di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang dimulai dari November 2018-Juni 2019. Metode pengambikan sampel yang digunakan random sampling pada 1 orang partisipan dari 3 pasien yang sesuai kriteria inklusi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis pengumpulan data yaitu primer & sekunder. Analisa deskriptif dilakukan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisiologis (inflamasi), nausea berhubungan dengan distensi lambung, ansietas berhubungan dengan rencana operasi, nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisik (operasi), gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan nyeri, gangguan integritas kulit/jaringan berhubungan dengan faktor mekanik, evaluasi diagnosa nyeri akut teratasi hari kedua dan ketiga, evaluasi diagnosa nausea dan ansietas teratasi hari kedua, evaluasi diagnosa gangguan mobilitas fisik dan integritas kulit teratasi hari keempat. Disarankan untuk Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang melalui direktur rumah sakit diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan secara optimal kepada pasien mulai dari melakukan pengkajian ulang sehingga data-data yang diperoleh mendukung untuk ditegakkannya diagnosa serta rencana dan tindakan keperawatan. Kata Kunci : Apendisitis, Asuhan Keperawatan Daftar Pustaka : 19 (2012-2018)
dc.hasPartKTIKP.1942


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record