Show simple item record

dc.creatorBrigita Natalia Putri
dc.date2019
dc.date.accessioned2019-12-02T01:52:42Z
dc.date.available2019-12-02T01:52:42Z
dc.identifierhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=6117
dc.identifier
dc.identifier018 Bri A
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/71665
dc.descriptionBrigita Natalia Putri Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2019 Isi : xi + 69 halaman + 14 lampiran ABSTRAK Rata-rata pasien diabetes melitus tipe II di ruang penyakit dalam RSUD dr. Rasidin Padang mencapai 15 orang per bulan (2018). Hasil dari wawancara didapatkan 2 dari 3 pasien DM tipe II mengatakan tidak menghabiskan dietnya karena pasien tidak menyukai diet yang diberikan rumah sakit, namun pasien mengkonsumsi makanan yang dibawa keluarga. Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II di RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2019. Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruangan penyakit dalam pada bulan November 2018 sampai Juni 2019. Populasi sebanyak empat orang dengan sampel satu orang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Menganalisis temuan tahapan proses keperawatan dibandingkan dengan konsep dan teori keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II. Hasil penelitian didapatkan hasil pengkajian pasien mengeluh badan terasa lemah, polidipsi, poliuria, GDS 286 mg/dl dan terdapat luka ulkus pada telapak kaki. Diagnosa yang ditegakkan ketidakstabilan kadar glukosa darah, keletihan dan defisiensi pengetahuan. Intervensi yang dilakukan manajemen hiperglikemia, monitor nutrisi, manajemen energi, pengajaran proses penyakit dan pengajaran peresepan diet menggunakan booklet. Evaluasi selama lima hari didapatkan GDS 146 mg/dl, badan terasa lemah berkurang, dan pasien menerapkan perilaku patuh terhadap dietnya. Diharapkan melalui Direktur RSUD dr. Rasidin Padang perawat di ruangan dapat memberikan pendidikan kesehatan pada pasien dan melibatkan keluarga tentang diet dabetes melitus menggunakan booklet dan dapat memberikan pedoman kepada keluarga mengenai diet pasien saat di rumah. Kata kunci : Gangguan nutrisi, Diabetes Melitus, Asuhan Keperawatan Daftar pustaka : 34 (2009-2018)
dc.formatText
dc.languageIndonesia
dc.publisherPoliteknik Kesehatan Kemenkes Padang
dc.relationhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/BRIGITA+NATALIA+PUTRI+PDF.pdf
dc.subjectDiabetes Mellitus
dc.subjectNONE
dc.titleAsuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2019
dc.hasVersion
dc.mediumText
dc.extentxi, 83 hlm.; 21 x 29 cm
dc.abstractBrigita Natalia Putri Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2019 Isi : xi + 69 halaman + 14 lampiran ABSTRAK Rata-rata pasien diabetes melitus tipe II di ruang penyakit dalam RSUD dr. Rasidin Padang mencapai 15 orang per bulan (2018). Hasil dari wawancara didapatkan 2 dari 3 pasien DM tipe II mengatakan tidak menghabiskan dietnya karena pasien tidak menyukai diet yang diberikan rumah sakit, namun pasien mengkonsumsi makanan yang dibawa keluarga. Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II di RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2019. Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruangan penyakit dalam pada bulan November 2018 sampai Juni 2019. Populasi sebanyak empat orang dengan sampel satu orang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Menganalisis temuan tahapan proses keperawatan dibandingkan dengan konsep dan teori keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II. Hasil penelitian didapatkan hasil pengkajian pasien mengeluh badan terasa lemah, polidipsi, poliuria, GDS 286 mg/dl dan terdapat luka ulkus pada telapak kaki. Diagnosa yang ditegakkan ketidakstabilan kadar glukosa darah, keletihan dan defisiensi pengetahuan. Intervensi yang dilakukan manajemen hiperglikemia, monitor nutrisi, manajemen energi, pengajaran proses penyakit dan pengajaran peresepan diet menggunakan booklet. Evaluasi selama lima hari didapatkan GDS 146 mg/dl, badan terasa lemah berkurang, dan pasien menerapkan perilaku patuh terhadap dietnya. Diharapkan melalui Direktur RSUD dr. Rasidin Padang perawat di ruangan dapat memberikan pendidikan kesehatan pada pasien dan melibatkan keluarga tentang diet dabetes melitus menggunakan booklet dan dapat memberikan pedoman kepada keluarga mengenai diet pasien saat di rumah. Kata kunci : Gangguan nutrisi, Diabetes Melitus, Asuhan Keperawatan Daftar pustaka : 34 (2009-2018)
dc.hasPartKTIKP.1918


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record