Show simple item record

dc.creatorPutri Meysa
dc.date2015
dc.date.accessioned2019-12-02T02:14:14Z
dc.date.available2019-12-02T02:14:14Z
dc.identifierhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=2934
dc.identifier
dc.identifier
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/74806
dc.descriptionKarya Tulis Ilmiah, Juli 2015 Putri Meysa Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Penyediaan Sayur serta Konsumsinya pada Rumah Tangga Petani Sayur di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam Tahun 2015 vii + 46 halaman, 7 tabel, 10 lampiran ABSTRAK Sayur berfungsi sebagai zat pengatur agar zat gizi dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Rendahnya konsumsi sayur pada masing-masing anggota keluarga dapat menyebabkan kekurangan vitamin, mineral dan menimbulkan berbagai penyakit degeneratif. Persentase kurang konsumsi sayur Kabupaten Agam mencapai 98.3 %. Kabupaten Agam merupakan daerah pertanian yang menghasilkan banyak bahan pangan seperti sayuran mencapai 11.454 ton/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu dalam penyediaan sayur serta konsumsinya pada rumah tangga petani sayur di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross sectional yang dilakukan dari bulan September 2014-Juni 2015 di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam terhadap 58 ibu pada keluarga petani sayur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan angket dengan teknik pengumpulan data secara manual dan komputerisasi dengan langkah editing, coding, entry dan cleaning. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu memiliki pengetahuan yang cukup baik diantaranya ibu mengetahui bahwa sayuran merupakan pelengkap lauk pauk pemberi zat gizi (vitamin, mineral, serat) dalam hidangan untuk setiap kali makan (3 kali) yang diperlukan bagi kesehatan tubuh, ibu yang memiliki sikap negatif sebanyak 56.9 % dan 91.4 % konsumsi sayur dirumah tangga kurang. Diharapkan kepada masyarakat agar dapat menyediakan bahan makanan sayuran di setiap kali makan dengan memanfaatkan ketersediaan sayur di rumah. Dan kepada petugas gizi agar memberikan penyuluhan yang berkaitan dengan pentingnya penyediaan dan konsumsi sayur di dalam keluarga. Kata Kunci : Pengetahuan dan Sikap, Petani Sayur Daftar Pustaka : 30 (2000-2014)
dc.formatText
dc.languageIndonesia
dc.publisherPoliteknik Kesehatan Kemenkes Padang
dc.relationhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/KTI.pdf
dc.subjectSikap - Petani Sayur
dc.subjectNONE
dc.titleGambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Penyediaan Sayur serta Konsumsinya pada Rumah Tangga Petani Sayur di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam Tahun 2015
dc.hasVersion
dc.mediumText
dc.extentvii, 63 hlm.; 21 x 29 cm
dc.abstractKarya Tulis Ilmiah, Juli 2015 Putri Meysa Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Penyediaan Sayur serta Konsumsinya pada Rumah Tangga Petani Sayur di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam Tahun 2015 vii + 46 halaman, 7 tabel, 10 lampiran ABSTRAK Sayur berfungsi sebagai zat pengatur agar zat gizi dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Rendahnya konsumsi sayur pada masing-masing anggota keluarga dapat menyebabkan kekurangan vitamin, mineral dan menimbulkan berbagai penyakit degeneratif. Persentase kurang konsumsi sayur Kabupaten Agam mencapai 98.3 %. Kabupaten Agam merupakan daerah pertanian yang menghasilkan banyak bahan pangan seperti sayuran mencapai 11.454 ton/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu dalam penyediaan sayur serta konsumsinya pada rumah tangga petani sayur di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross sectional yang dilakukan dari bulan September 2014-Juni 2015 di Nagari Sariak Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam terhadap 58 ibu pada keluarga petani sayur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan angket dengan teknik pengumpulan data secara manual dan komputerisasi dengan langkah editing, coding, entry dan cleaning. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu memiliki pengetahuan yang cukup baik diantaranya ibu mengetahui bahwa sayuran merupakan pelengkap lauk pauk pemberi zat gizi (vitamin, mineral, serat) dalam hidangan untuk setiap kali makan (3 kali) yang diperlukan bagi kesehatan tubuh, ibu yang memiliki sikap negatif sebanyak 56.9 % dan 91.4 % konsumsi sayur dirumah tangga kurang. Diharapkan kepada masyarakat agar dapat menyediakan bahan makanan sayuran di setiap kali makan dengan memanfaatkan ketersediaan sayur di rumah. Dan kepada petugas gizi agar memberikan penyuluhan yang berkaitan dengan pentingnya penyediaan dan konsumsi sayur di dalam keluarga. Kata Kunci : Pengetahuan dan Sikap, Petani Sayur Daftar Pustaka : 30 (2000-2014)
dc.hasPartKTIGZ.1580


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record