View Item 
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang
      • Pustaka Poltekkes Padang
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Politeknik Kesehatan Kemenkes
      • Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang
      • Pustaka Poltekkes Padang
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2015

      Date
      2015
      Author
      Gusneldi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015 Gusneldi Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2015 xi + 44 Halaman + 1 Bagan + 6 Tabel + 8 Lampiran ABSTRAK Kualitas (mutu) pelayanan kesehatan berdampak pada penurunan jumlah kunjungan. Jumlah kunjungan di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) tahun 2012 sebanyak 31.851 kunjungan, tahun 2013 menurun jadi 21.386 kunjungan, tahun 2014 sebanyak 13.331 kunjungan. Temuan peneliti saat survei awal pada 10 orang pengunjung ditemukan 4 pengunjung mengeluhkan kurang lengkapnya alat dan fasilitas kesehatan yang dimiliki puskesmas KPIK, 3 pengunjung mengeluhkan kurang ramahnya petugas dalam melayani pasien dan kurang jelasnya informasi yang diberikan petugas mengenai prosedur pelayanan dan tindakan pemeriksaan/pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas KPIK Kecamatan Kota Padang. Desain penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Waktu penelitian bulan Desember 2014 – Juni 2015. Populasi penelitian ini berjumlah 91 pengunjung. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 58 pengunjung menggunkan teknik total sampling. Data diolah melalui tahapan editing, coding, entry, cleaning, dan tabulating. Data dianalisa secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan. 96,6% pengunjung menyatakan kehandalan petugas Puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan rasa empati petugas puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan daya tanggap petugas puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan jaminan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas Puskesmas KPIK baik. Sebahagian besar (91,4%) pengunjung menyatakan mutu pelayanan kesehatan puskesmas Koto Panjang Ikur Koto tidak baik. Diharapkan pimpinan Puskesmas KPIK untuk melakukan kegiatan yang tepat untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pimpinan dapat memotivasi kesadaran petugas untuk melakukan pelayanan secara tepat waktu sesuai jam kerja, menjalin komunikasi yang baik dengan selalu 3S pada pasien, menanggapi keluhan pasien dengan cepat, meningkatkan kompetensi petugas melalui pelatihan dan selalu menjaga dan meningkatkan kebersihan, kenyamanan lingkungan kerja. Kata Kunci/Key Word : Mutu, Pelayanan Daftar Pustaka : 19 (1999-2013)
      URI
      http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/GAMBARAN+MUTU+PELAYANAN+KESEHATAN+DI+PUSKESMAS+KOTO+PANJANG+.pdf http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=2732
      Collections
      • Pustaka Poltekkes Padang [5951]

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback