Show simple item record

dc.creatorFatma Madina
dc.date2015
dc.date.accessioned2019-12-02T02:16:09Z
dc.date.available2019-12-02T02:16:09Z
dc.identifierhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=2646
dc.identifier
dc.identifier014 Fat G
dc.identifier.urihttp://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/75253
dc.descriptionMakanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Makanan harus dikelola dan ditangani dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan atau menularkan penyakit pada manusia. Kontaminasi makanan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah melalui alat makan. Dengan menjaga kebersihan alat makan, telah membantu mencegah terjadinya kontaminasi makanan yang disebabkan peralatan yang digunakan. Perilaku tenaga pencuci sangat berpengaruh terhadap teknik pencucian yang dilakukan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui perilaku tenaga pencuci tentang teknik pencucian dan sarana pencucian alat makan di Restoran Sederhana Group Tahun 2015. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan teknik pencucian alat makan oleh tenaga pencuci. Objek pada penelitian ini adalah tenaga pencuci alat makan di Restoran Sederhana yang berjumlah 3 orang. Data yang dikumpulkan berupa data pengetahuan, sikap dan tindakan tenaga pencuci alat makan serta sarana pencucian alat makan yang tersedia di restoran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan tenaga pencuci alat makan 2 orang berpengetahuan kurang dan 1 orang berpengetahuan sedang. Semua tenaga pencuci alat makan memiliki sikap yang positif terhadap proses pencucian alat makan. Semua tenaga pencuci alat makan memiliki tindakan yang baik dalam proses pencucian alat makan. Sarana pencucian alat makan di Restoran Sederhana belum memenuhi syarat. Untuk meningkatkan pengetahuan tenaga tentang teknik pencucian alat makan maka dapat dilakukan pelatihan terhadap karyawan, khususnya pelatihan tentang teknik pencucian alat makan. Untuk dapat terlaksananya teknik pencucian alat makan yang benar diharapkan kepada pimpinan restoran untuk melengkapi sarana pencucian.
dc.formatText
dc.languageIndonesia
dc.publisherPoliteknik Kesehatan Kemenkes Padang
dc.relationhttp://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/KTI+Fatma+Madina+pdf.pdf
dc.subjectPerilaku - Tenaga Pencuci
dc.subjectNONE
dc.titleGambaran Perilaku Tenaga Pencuci Tentang Teknik Pencucian dan Sarana Pencucian Alat Makan di Restoran Sederhana Group Padang Tahun 2015
dc.hasVersion
dc.mediumText
dc.extentvii, 50 hlm.; 21 x 29 cm
dc.abstractMakanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Makanan harus dikelola dan ditangani dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan atau menularkan penyakit pada manusia. Kontaminasi makanan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah melalui alat makan. Dengan menjaga kebersihan alat makan, telah membantu mencegah terjadinya kontaminasi makanan yang disebabkan peralatan yang digunakan. Perilaku tenaga pencuci sangat berpengaruh terhadap teknik pencucian yang dilakukan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui perilaku tenaga pencuci tentang teknik pencucian dan sarana pencucian alat makan di Restoran Sederhana Group Tahun 2015. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan teknik pencucian alat makan oleh tenaga pencuci. Objek pada penelitian ini adalah tenaga pencuci alat makan di Restoran Sederhana yang berjumlah 3 orang. Data yang dikumpulkan berupa data pengetahuan, sikap dan tindakan tenaga pencuci alat makan serta sarana pencucian alat makan yang tersedia di restoran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan tenaga pencuci alat makan 2 orang berpengetahuan kurang dan 1 orang berpengetahuan sedang. Semua tenaga pencuci alat makan memiliki sikap yang positif terhadap proses pencucian alat makan. Semua tenaga pencuci alat makan memiliki tindakan yang baik dalam proses pencucian alat makan. Sarana pencucian alat makan di Restoran Sederhana belum memenuhi syarat. Untuk meningkatkan pengetahuan tenaga tentang teknik pencucian alat makan maka dapat dilakukan pelatihan terhadap karyawan, khususnya pelatihan tentang teknik pencucian alat makan. Untuk dapat terlaksananya teknik pencucian alat makan yang benar diharapkan kepada pimpinan restoran untuk melengkapi sarana pencucian.
dc.hasPartKTIKL.1514


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record