View Item 
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
      • Jurnal Balitbangkes
      • Buletin Penelitian Sistem Kesehatan
      • (eJournal 1) Buletin Penelitian Sistem Kesehatan
      • View Item
      •   R2KN Home
      • Kementerian Kesehatan
      • Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
      • Jurnal Balitbangkes
      • Buletin Penelitian Sistem Kesehatan
      • (eJournal 1) Buletin Penelitian Sistem Kesehatan
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN PADA JEMAAH HAJI DI INDONESIA TAHUN 2010

      Date
      2013
      Author
      Oemiyati, Ratih; Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbang Kesehatan
      Alwi, Qomariah; Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Litbang Kesehatan
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Dalam pelayanan kesehatan jemaah haji di embarkasi dan debarkasi diperlukan tenaga kesehatan dalam jumlah, jenis, kualifi kasi yang sesuai, yang diharapkan mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam menekan angka kesakitan dan kematian jemaah haji. Banyak masalah terjadi dalam pelayanan kesehatan jemaah haji, selain faktor jemaah haji dengan mayoritas tingkat social ekonomi yang rendah sehingga sulit diberi pengertian, faktor yang terpenting adalah dari tenaga kesehatan itu sendiri. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah agar tersedia kajian tentang manajemen pelayanan kesehatan jemaah haji berdasarkan beban kerja dalam rangka meningkatkan efektifi tas dan mutu pelayanan kesehatan haji di embarkasi dan debarkasi pada tahun 2010. Metode: Penelitian ini merupakan sub set dari penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahun 2010 pada semua embarkasi dan debarkasi seluruh Indonesia (ada 15 embarkasi/debarkasi). Variabel yang akan dianalisis yaitu SDM kesehatan, Manajemen pelayanan kesehatan, dan Beban kerja SDMkesehatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan triangulasi antara petugas, jemaah dan peneliti. Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDM kesehatan umumnya dokter, perawat dan bidan yang mayoritas berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, dinas kesehatan dan BTKL. Pelayanan kesehatan secara umum dilakukan selama satu setengah sampai dua jam untuk sekitar 300–400 jemaah haji. Untuk pelayanan kesehatan semua melakukan anamnesa, namun untuk pemeriksaan fisik ada berbagai perbedaan antar embarkasi. Beban kerja agak berat pada embarkasi besar,namun cukup untuk embarkasi sedang, dengan pembiayaan yang diberlakukan sama.
      URI
      http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/hsr/article/view/3147
      Collections
      • (eJournal 1) Buletin Penelitian Sistem Kesehatan [594]

      Related items

      Showing items related by title, author, creator and subject.

      • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 60 Tahun 2016, tentang pembinaan Jabatan Fungsional Kesehatan dan Jabatan Fungsional Non Kesehatan Di Lingkungan kementerian Kesehatan 

        Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan
      • Thesis : Peran Dinas kesehatan Dalam Penyerapan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas Dengan Mekanisme DAK Nonfisik Tahun 2016Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul 

        Baharudin Tukuwain
      • Laporan Data Susenas 2001 : Status Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Perilaku Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan 

        Surkesnas, Tim

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback
        

       

      Browse

      All of R2KNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      LoginRegister

      Copyright © Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Percetakan Negara no.29, Jakarta Pusat 10560, Indonesia
      All rights reserved. 2019
      Contact Us | Send Feedback